Diskusi 8 – Sukrisno Utumu

APATISME POLITIK

Pengertian Politik dan Ilmu Politik
Secara harafiah ilmu politik dikatakan sebagai sebuah ilmu yang mempelajari politik atau kepolitikan (Mariam Budiarjo,2008 :13),1 Sedang politik itu sendiri mempunyai pengertian sebagai sebuah usaha untuk mencapai sesuatu yang lebih baik (Mariam Budiarjo,2008 :13),2Dengan demikian dalam pengertian politik mempunyai makna sangat penitng. Hal tersebut dikarenakan politik diperlukan oleh manusia, baik secara individu maupun berkelompok, untuk mengatasi segala keterbatasan yang ada pada diri dan lingkungan.

Definisi Ilmu politik adalah lebih lanjut terlebih dahulu kita tinjau istilah politik itu sendiri. Istilah politik berasal dari bahasa Yunani yaitu Polistaia, polis berarti Negara kota, yakni suatu masyarakat yang mampu mengurus diri sendiri atau mandiri, sedangkan taia berarti urursan. Jadi politik dapat diartikan segala urusan berkenan dengan Negara, termasuk didalamnya kekuasaan, pengambilan keputusan, kebijakan maupun pembagian dan pengalokasian nilai-nilai dalam masyarakat yang bersangkutan.

Beberapa pandangan filsuf tentang politik
Plato dan Aristoteles berpendapat bahwa menganggap politik sebagai suatu untuk mencapai masyarakat politik (polity) yang baik.
Hans J. Morgentahau (1960) menjelaskanpolitik sebagai pertarungan untuk memperoleh kekuasaan.
Davis Eston merumuskan politik sebagai berikut (alokasi nilai-nilai secara otoritatif, berdasarkan kewenangan, dank arena itu bersifat mengikat untuk suatu masyarakat)

Politik dalam arti Kepentingan
Manusia memiliki kebutuhan atau keinginan. Dengan berbagai tindakan dan perilakunya, manusia kerap melakukan upaya-upaya untuk mendapatkan kebutuhan atau keinginan. Menurut deliar Noer (1983:21) keinginan bisa tewujud dalam bentuk yang lebih keras yaitu kepentingan.

Berdasarkan pemikiran tersebut diatas, dapat dirumuskan jumlah pemikiran dasar yang dapat dijadikan penjelasan terhadap masalah definisi politik
– Politk adalah ilmu yang menjelaskan tentang kepentingan, baik dalam konteks individu maupun kelompok
– Politik adalah ilmu yang mempelajari tentang cara meraih, merebut, atau mempertahankan kepentingan.
– Politik adalah ilmu yang mempelajari tentang lembaga perjuangan penegakan kepentingan baik yang digunakan perorangan atau kelompok.

Politik dalam arti Kebijakan
Sebagaimana dikemukakan sebelumnya, bahwa masalah politk tidak bisa dilepaskan dari konteks masyarakat, interaksi antara kepentingan, dan upaya untuk perjuangan kepentingan.
Politk sebagai sebuah kebijakan memberikan penjelasan bahwa :
– Setiap individu atau kelompok kepentingan, tidak hanya dihadapkan pada satu kepentingan. Dimana kepentingan tersebut bukan hanya sebuah kepentingan.
– Pada kondisi yang dihadapkan terhadap lebih dari satu kepentingan, atau satu alternative kepentingan, maka si pelaku politik dituntut untuk melakukan pengambilan keputusan untuk memilihnya.

APATISME
Menurut survei LSI (Lembaga Survei Indonesia), mengatakn buruknya kinerja lembaga politik menjadi faktor terbesar munculnya sikap apatisme masyarakat. Dari 2.290 orang menjadi responden survei, sebanyak 67% mengaku tidak tertarik dengan segala hal yang berkaitan dengan politik.

Contoh kasus Apatisme
Anak Muda Apatis terhadap Pemilu 2014
Mengatakan jumlah pemilih muda dalam pemilu 2014 mencapai lebih dari 30% dari keseluruhan jumlah pemilih dalam pemilu. Namun, Koirunnisa berpendapat bahwa anak muda saat ini cenderung tidak berminat berpartisipasi dalam pemilu. Hal ini disebabkan antara lain, sosialisasi pemilu yang tidak popular.

Daftar Pustaka
– Survei : Masyarakat makin apatis terhadap politk | merdeka.com
http://www.merdeka.com
– Mariam Budiarjo, Dasar-dasar Ilmu Politik, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, hal.13
– Ramlan Surbaktiā€¦ibid. Lihat juga David Easton, System Analisis Political Life. New York, Jhon willey & Sono Ino,1945, hal. 21

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s