Diskusi 1 – Victor Lodewyk

SANTET DIPANDANG DARI SUDUT TEKNOLOGI INFORMASI

Latar Belakang
Dari percakapan yang terjadi dari beberapa teman-teman mahasiswa halmahera disebuah warung susu yang berbicara mengenai santet, yang dalam bahasa halmahera disebut “doti”/santet. Ini menjadi menarik ketika perdebatan berlanjut sampai pada hal substansi dari doti tersebut dan di pandang dari sudut teknologi informasi.
Melihat proses menyantet dan cara kerja santet yang bisa mengatur dan mengontol seseorang dari jarak jauh, terdapat kemiripan dengan salah satu teknologi yang ada dalam teknologi informasi yaitu remote. Pertanyaan mendasarnya adalah adakah kesamaan-kesamaan antara doti/santet dengan teknologi informasi?.

Pembahasan
Santet/Doti merupakan sebuah praktek ritual yang dilakukan oleh seseorang untuk menyembuhkan penyakit, mematikan hama tanaman bahkan membunuh seseorang. Secara umum cara kerjanya, seseorang mengontrol kepada seorang tertentu baik perilaku, berbicara, bahkan pada jiwa orang tersebut. Untuk melakukannya, seseorang harus melakukan ritual-ritual khusus untuk mengirim sesuatu, baik berupa ancaman atau peringatan. Ancaman bisa berupa benda-benda tajam dan peringatan bisa berupa hewan.
Dalam teknologi informasi, kegiatan mengontrol suatu device tertentu dari jarak jauh dikenal dengan istilah remote. Remote yang dimaksudkan disini adalah pengontrolan satu device oleh device yang lain dari jarak jauh yang terkoneksi oleh jaringan kabel ataupun tanpa kabel. Dari cara kerja doti/santet dapat dikatakan bahwa doti/santet tergolong dalam koneksi tanpa kabel. Secara ilmiah, koneksi remote antar device dapat dihitung dan diukur tetapi secara ilmiah untuk santet/doti belum dapat diukur dan diketahui spasial koneksinya.

Kesimpulan
Doti/Santet dengan teknologi informasi dalam hal ini remote, memiliki kesamaan antara lain : objek, koneksitas, tujuan. Tetapi ada perbedaan di spasial koneksinya, dimana remote dapat diketahui sedangkan doti/santet belum dapat diketahui.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s